Sebagai seorang wanita tentu kita pernah mengalami keputihan dan hal tersebut adalah wajar, namun bukan berarti kita bisa mengabaikannya, kenali jenis keputihan anda agar tidak berakibat buruk bagi kesehatan.

Keputihan dibagi menjadi dua jenis, diantaranya keputihan normal atau fisiologis  yaitu keputihan yang timbul akibat proses alami dalam tubuh ditandai dengan keluarnya cairan berupa lender  yang tidak berbau, berwarna bening atau jernih, dan tidak menimbulkan rasa gatal atau perih.

Sedangkan jenis ke dua adalah keputihan abnormal atau patologis  merupakan tanda dari adanya kelainan pada alat reproduksi  sehingga jumlah cairan yang berupa lender dan berlebihan, berbau, menimbulkan rasa gatal, perih, bahkan sakit, serta berwarna, adapun warna dari cairan tersebut berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya.

1. Keputihan disertai rasa nyeri atau pendarahan dapat mengindikasikan gonore atau chlamydia (klamidia)

2. Keputihan dengan lendir berwarna hijau, kuning, atau berbuih

Jenis keputihan ini biasanya disebabkan oleh trikomoniasis, yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Lendir akibat infeksi ini biasanya berjumlah banyak, berbau amis, dan disertai rasa perih saat buang air kecil.

3.Keputihan disertai luka melepuh di sekitar organ kewanitaan biasanya disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV).

Keputihan jenis ini disebut dengan herpes genital yang ditandai dengan bentol-bentol berair pada alat kelamin, anus, atau mulut. Herpes genital dapat menyebar melalui sentuhan, meski lebih sering menyebar melalui hubungan seksual.

4. Keputihan dengan lendir kental, berwarna putih, dan disertai rasa gatal, yang dipicu oleh infeksi jamur

5. Keputihan dengan lendir encer berwarna putih atau abu-abu dan berbau amis, disebabkan oleh bakteri

Perubahan keseimbangan pada jumlah bakteri normal di vagina dapat menyebabkan vaginosis bakterialis. Lendir keputihan yang muncul akan berbau amis, encer, dan berwarna putih atau abu-abu, tapi tidak disertai rasa gatal atau iritasi. Ini juga termasuk infeksi yang umum terjadi dan tidak menular melalui hubungan seks.

Apabila anda mengalami keputihan jangan panik atau berkecil hati, segera periksakan ke tenaga medis yang berkompeten, atau Teh Manggata bisa anda jadikan salah satu solusinya.

Teh manggata merupakan obat tradisional dengan komposisi bahan alami pilihan sehingga aman dikonsumsi oleh segala usia, baik pria maupun wanita.